GRAND FINAL KEJURNAS KARATE FULL CONTACT KALA HITAM 2008 MEMPEREBUTKAN PIALA PANGDAM I/BB DAN PIALA DR H RAHMAT SHAH

Kejuaraan Nasional karate full contact Kala Hitam tahun 2008 memperebutkan piala tetap Panglima Kodam I/BB dan piala bergilir DR. H. Rahmat Shah akan digelar di GOR Angsapura Jalan Logam Medan 30 Agustus 2008.

Menurut Kancho (Guru Besar) Winta Karna (DAN-VIII) yang merupakan murid langsung dari Sosai Masutatsu Oyama (DAN-X) pendiri aliran Kyokushinkai. Sistem pertandingan kejurnas ini menggunakan gaya karate tradisional Jepang, yaitu pertarungan bebas atau full body contact. Pertarungan ini tidak menggunakan alat pelindung khusus, sehingga para petarung bebas memukul langsung ke tubuh lawan. Tentu hal tersebut tidak boleh dilakukan masyarakat awam karena para petarung merupakan pendekar karate Kala Hitam yang sudah ditempa dengan berbagai latihan dahsyat selama bertahun-tahun baik fisik, teknik maupun mental. Ketika ditanya persiapan atlet, Kancho Winta Karena menyebutkan para karateka Kala Hitam dididik siap tempur kapan saja. la mengutip filosofi yang ditanamkan kepada setiap karateka Kala Hitam oleh Sosai Masutatsu Oyama ” No matter how strong the rival, the just will always win” (Tidak menjadi halangan betapa kuatnya lawan karena tujuan akhir selalu kemenangan). Kejurnas yang dibuka Pangdam I/BB Mayjen TNI Markus Kusnowo ini mengambil thema ” Dengan Nilai Sportifitas dan Semangat Karate Terus Bergerak Maju Untuk Kejayaan Bangsa Indonesia “. Kejuaraan ini menggunakan peraturan Internasional Karate Organization Kyokushinkai-Kan (IKOK), dibagi 3 kelas, yaitu Kelas Master (karateka penyandang DAN-IV ke atas), Kelas ringan berat badan s.d 60 kg, dan Kelas berat/bebas badan di atas 61.

Selain pertandingan inti, juga akan diperagakan beberapa atraksi/demonstrasi kekuatan karate (The Power Of Karate) melalui pemecahan benda keras dengan anggota tubuh (Tameshi Wari), peragaan berbagai teknik bela diri ; kuncian, bantingan dan melumpuhkan lawan yang dilakukan oleh anggota putri dan anak-anak karateka Kala Hitam.

Sementara itu HA Ronny Simon selaku Ketua Umum PB Kala Hitam yang melihat seleksi yang saat ini sedang berjalan di dojo pusat Kala Hitam (Aula Pendam I/BB) di Jalan Listrik No 5 Medan merasa yakin dan optimis dengan kesinambungan dan peningkatan prestasi para atlet karateka di daerah ini yang selalu meningkat setiap tahun.

Selain itu ia merasa bangga karena didukung juga oleh masyarakat secara spontanitas. Sebagaimana track record kejuaraan yang sama setiap tahun, kejuaraan ini juga akan dihadiri oleh ribuan penonton dan segala lapisan masyarakat. Kejuaraan ini terselenggara atas adanya dukungan oleh PERBANAS Daerah Sumatera Utara. Dengan berjalannya waktu tidak terasa Perguruan Karate Kala Hitam telah berusia 36 tahun di Indonesia dan telah memiliki 25.000 anggota aktif yang tersebar di 17 Propinsi. [Kodam 1/Bukti Parisan]


Home